๐ฟ๐ปTelinga Berdenging Bershalawat Kepada Nabi ๏ทบ?๐ป๐ฟ
๐ฟ๐ปTelinga Berdenging Bershalawat Kepada Nabi ๏ทบ?๐ป๐ฟ
๐ Jawaban:
Wa โAlaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakaruh. Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu 'Ala Rasulillah wa ba'd:
Langsung aja ya ..,
Hadits yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Dari Abu Rafiโ Radhiallahu โAnhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda:
ุฅูุฐูุง ุทููููุชู ุฃูุฐููู ุฃูุญูุฏูููู ู ููููููุฐูููุฑูููู ููููููุตูููู ุนููููููุ ูููููููููู: ุฐูููุฑู ุงูููููู ู ููู ุฐูููุฑูููู ุจูุฎูููุฑู
โJika berdenging telinga salah seorang kalian maka ingatlah kepadaku dan bershalawatlah kepadaku, dan hendaknya dia berkata: DZAKARALLAHU MAN DZAKARANIY BIKHAIR โ Allah akan mengingat siapa pun yang mengingatku dengan kebaikan.โ
๐ Hadits ini dikeluarkan oleh:
๐น Ath Thabarani dalam Al KabirNo. 958, Al Awsath No. 9222, Ash Shaghir No. 1104. Beliau berkata dalam Al Awsath: โHadits ini tidak diriwayatkan oleh Abu Rafiโ kecuali dari isnad seperti ini, dan Maโmar bin Muhammad menyendiri dalam meriwayatkannya.โ
๐ธ Al โUqaili dalam Adh Dhuโafa, 4/261, dia berkata: โDia (Maโmar bin Muhammad) haditsnya tidak bisa diikuti, dan dia tidak diketahui kecuali dengan isnad ini.โ
๐น Ar Ruyani dalam Musnad-nya No. 718
๐ธ Al Khara-ithiy dalamMakarimul Akhlaq No. 982
๐น Ibnus Sunniy dalam โAmalul Yaum wal Lailah No. 166
๐ธ Al Bazzar dalam Musnad-nya No. 3884, tanpa kalimat: โbershalawatlah kepadakuโ
๐น Al Baihaqi dalam Ad Daโawat Al Kabir No. 490
๐ธ Yahya Asy Syajariy dalamTartib Al Amaliy No. 630
Tentang hadits di atas, Al Hafizh As Sakhawi mengatakan:
ุญูุฏููุซ: ุฅูุฐูุง ุทููููุชู ุฃูุฐููู ุฃูุญูุฏูููู ู ููููููุฐูููุฑููููุ ููููููุตูููู ุนููููููุ ูููููููููู ุฐูููุฑู ุงููููู ุจูุฎูููุฑู ู ููู ุฐูููุฑูููู ุจูุฎูููุฑูุ ุงูุทุจุฑุงูู ูุงุจู ุงูุณูู ูู ุนู ู ุงูููู ูุงููููุฉุ ูุงูุฎุฑุงุฆุทู ูู ุงูู ูุงุฑู ุ ูุขุฎุฑูู ุนู ุฃุจู ุฑุงูุน ู ุฑููุนุง ุจูุฐุงุ ูุณูุฏู ุถุนููุ ุจู ูุงู ุงูุนูููู: ุฅูู ููุณ ูู ุฃุตู
"Hadits โJika berdenging telinga salah seorang kalian maka ingatlah kepadaku dan bershalawatlah kepadaku, dan hendaknya dia berkata: DZAKARALLAHU MAN DZAKARANIY BIKHAIR โ Allah akan mengingat siapa pun yang mengingatku dengan kebaikan.โ Diriwayatkan oleh Ath Thabarani, Ibnus Sunniy dlm amalulyaum wal lailah, Al Kharaitiy dalam Al Makarim, dan lainnya, dari Abu Rafi', secara marfu', dan sanadnya DHA'IF, bahkan Al 'Uqaili mengatakan: LAISA LAHU ASHL-tidak ada dasarnya. (Al Maqashid Al Hasanah, 1/89)"
Imam Ibnul Qayyim mengatakan:
ููููููู ุญูุฏููุซู ููู ุทูููููู ุงูุฃูุฐููู ูููููู ููุฐูุจู
Semua hadits yang menyebutkan tentang telinga berdenging adalah DUSTA. (Al Manar Al Munif, no. 119)
Imam Asy Syaukani mengatakan:
ุฑูููุงูู ุงููุนูููููููููู ุนููู ุฃูุจูู ุฑูุงููุนู ู ูุฑููููุนูุง. ููููู: ูููู ู ูุถูุน
Diriwayatkan oleh Al โUqaili dari Abu Rafiโ secara marfuโ. Dikatakan bahwa hadits ini PALSU. (Al Fawaid Al Majmuah, Hal. 224. Pentahqiq kitab ini: Syaikh Abdurraman bin Yahya Al Muaโlimi Al Yamani mengatakan: โSeperti itulah hadits ini.โ)
Syaikh Al Albani mengatakan: PALSU (Adh Dhaifah, no. 2631)
Tapi ....
Syaikh Abu Ishaq Al Huwaini Hafizhahullah mengomentari ucapan Imam Ath Thabarani:
โHadits ini tidak diriwayatkan oleh Abu Rafiโ kecuali dari isnad seperti ini, dan Maโmar bin Muhammad menyendiri dalam meriwayatkannya.โ
Juga Imam Al โUqaili yang berkata: โDia (Maโmar bin Muhammad) haditsnya tidak bisa diikuti, dan dia tidak diketahui kecuali dengan isnad ini.โ
Abu Ishaq mengatakan: โSemoga Allah meridhai kalian berdua!โ Lalu Beliau menyebutkan beberapa sanad lain yang menjadi mutabaโah (penguat) bagi sanad Maโmar bin Muhammad, yaitu:
๐น Habban bin โAli, berkata kepada kami: Muhammad bin โUbaidillah bin Abi Rafiโ, dengan sanad yang sama. (Ibnus Sunni,Al Yaum wal lailah No. 166, Ibnu โAdi, Al Kamil,2/ 2126-2152)
๐ธ Mandal bin โAli (Al Khat-ithiy,Makarimul Akhlaq No. 1022). (Lihat Syaikh Abu Ishaq Al Huwaini, Tanbih Al Hajid, 1/220-221)
Al Hafizh Nuruddin Al Haitsami mengatakan: "Isnadnya Ath Thabarani dalam Al Kabir adalah HASAN." (Majma' Az Zawaid, 10/138)
Oleh karena itu Az Zabidiy berkata:
Tetapi Al Haitsami mengatakan isnad Thabarani dalam Al Kabir adalah HASAN, ini membatalkan tudingan orang-orang yang mengatakan DHA'IF terlebih lagi yang menyatakan PALSU, seperti Ibnul Jauzi dan Al 'Uqaili. Sedangkan Al Munawi dalam syarahnya terhadap Jaami' Ash Shaghiir menyebutkan bahwa ini juga diriwayatkan oleh IMAM IBNU KHUZAIMAH dalam kitab SHAHIH-nya, dengan lafaz seperti itu dari Abu Rafi'. Dan, Imam Ibnu Khuzaimah adalah seorang yang berkomitmen dalam kitabnya utk mencantumkan yang SHAHIH, maka ketahuilah!!
(Takhrij Ahadits Ihya 'Ulumuddin, 2/831)
๐ Kesimpulan:
โถ๏ธ Para ulama tidak sepakat atas kedhaifan hadits ini walau mayoritas meragukan keshahihannya bahkan menganggapnya palsu.
โถ๏ธ Sehingga berimplikasi pada kehujjahannya, bagi yang menganggapnya dhaif dan palsu hadits ini tidak layak diamalkan.
โถ๏ธ Bagi yang menilainya shahih dan hasan, tentu mereka tidak berhalangan mengamalkannya.
โถ๏ธ Sekalipun dhaif, tidak sedikit yang tetap menjadikannya sebagai hujjah untuk fadhailul aโmal.
โถ๏ธ Maka, tidaklah hal ini menjadi sebab sikap saling mengingkari satu sama lain.
Sekian. Wallahu A'lam
๐น๐ฒ๐ผ๐ฑ๐ท๐พ๐ป๐๐ฟ๐๐ณ
โ๏ธ Farid Nu'man Hasan
๐บ๐พRenungan Ringan dari Para Imam dan Hukama๐พ๐บ
๐ฆ๐ฅ๐ฆ๐ฅ๐ฆ๐ฅ
Berkata Nashirus Sunnah, Imam Asy Syafi'iy Rahimahullah:
ุดููุช ุฅูู ูููุน ุณูุก ุญูุธู ูุฃุฑุดุฏูู ุฅูู ุชุฑู ุงูู ุนุงุตู
ูุฃุฎูุจุฑูู ุจุฃู ุงูุนููู ููููุฑ ูููุฑ ุงููู ูุง ูููุฏู ูุนูุงุต
"Aku keluhkan kepada Waki' tentang buruknya hapalanku, lalu dia membimbingku agar aku meninggalkan maksiat, dan dia memberitahuku bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya dari Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat."
๐ Hikam wa Aqwaal Al Imam Asy Syafi'iy
๐ฟ๐พ๐บ๐ป๐๐ด๐๐๐ท
โ๏ธ Farid Nu'man Hasan
๐ Percik Iman, Ilmu, dan Amal
๐ก Sebarkan! Raih amal shalih ..
๐ bit.ly/1Tu7OaC
Posting Komentar
Posting Komentar